logo blog

Proposal Kerja Praktek PT. PUPUK SRIWIJAJA (PUSRI)

Proposal Kerja Praktek PT. PUPUK SRIWIJAJA (PUSRI)



     
          PROPOSAL KERJA PRAKTEK
                                    DI

        PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)

     Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Mata Kuliah Kerja Praktek                                                                  pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik 
                                        Universitas IBA

                                                 Suyanto (15320021)



PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS IBA
PALEMBANG
2018



KATA PENGANTAR
             Dengan mengucapkan puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami, yang mana dengan ridho-Nya kami dapat mengajukan proposal membuat laporan Kerja Praktek yang merupakan suatu syarat kewajiban dalam perkuliahan pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas IBA Palembang.
            Kami menyadari bahwa dalam membuat  proposal ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Hal ini tidak luput dari keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki, namun kami berharap semoga dalam proposal ini merupakan suatu pengalaman untuk dijadikan pedoman pada masa yang akan datang dan kami menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun.
            Pada kesempatan ini perkenankanlah kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan proposal ini.

Palembang,  Maret 2018

1.1        Latar Belakang
Teknologi sangat penting bagi mahasiswa Teknik Mesin khususnya mengenai sistem kerja dan perawatan mesin pada dunia Instansi/Perusahaan, maka dengan adanya kerja praktek ini mahasiswa diharapkan bisa memperoleh ilmu yang tidak didapat selama perkuliahan sekaligus memperoleh pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dan mempunyai kualitas dalam bersaing.
Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah dan merupakan program dari jurusan Teknik Mesin Universitas IBA Palembang yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa sebagai syarat untuk kelulusannya, oleh sebab itu kami melaksanakan kerja praktek tersebut secara berkelompok. dan memilih PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI) sebagai tempat melaksanakan kerja praktek. kami selaku mahasiswa akan berusaha untuk mempelajari, meneliti dan memahami sistem kerja mesin dan perawatan mesin yang terdapat didalamnya yang digunakan di PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
Bagi kami selaku mahasiswa Universitas IBA Palembang khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, diharapkan melalui kerja praktek ini dapat mengambil suatu pelajaran dan praktek lapangan yang baik, sehinga apabila kami terjun ke dalam dunia industri telah memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja lapangan yang baik.

1.2        Tujuan
Tujuan dari Kerja Praktek adalah sebagai berikut:
1.Untuk mengetahui dan melihat proses pembuatan Pupuk Urea di PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
2.Mahasiswa dapat mengetahui prinsip kerja dan fungsi peralatan -peralatan yang digunakan dalam proses perawatan di lingkungan PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
3.Untuk mengetahui perawatan dan Troubleshooting pada Mesin yang ada di PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
           4. Meningkatkan, mengembangkan dan memantapkan ilmu dan keterampilan yang didapat di                   bangku kuliah sebagai bekal memasuki lapangan kerja
Sedangkan kegunaan Kerja Praktek adalah :
a.    Bagi Mahasiswa
1. Menambah pengalaman bagi mahasiswa mengenai dunia kerja secara nyata, terutama sistem produksi di perusahaan tersebut.
2. Mengetahui dan dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi sesuai dengan tuntunan perkembangan industri
3. Dapat membina hubungan baik dengan industri sehingga memungkinkan untuk dapat bekerja di industri tempat pelaksanaan kerja praktek  tersebut setelah lulus dari kuliah.

a.    Bagi PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
1. Memungkinkan untuk memperoleh masukan-masukan baru dari lembaga pendidikan melalui mahasiswa yang sedang dan telah melakukan kerja praktek.
2. Dapat menjalin hubungan baik dengan lembaga pendidikan khususnya Universitas IBA Palembang, sehingga semakin dikenal oleh lembaga pendidkan sebagai pemasok tenaga kerja dan masyarakat sebagai konsumen.

b.   Bagi Universitas IBA Palembang
1. Terjalinnya hubungan baik antara Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin Universitas IBA Palembang dengan PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI) sehingga memungkinkan kerjasama ketenagakerjaan dan kerjasama lainnya.
 2. Mendapat umpan balik untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga selalu sesuai dengan  perkembangan dunia industri.

1.3     Ruang Lingkup Kerja Praktek
Ruang lingkup Kerja Praktek ini sesuai ilmu pengetahuan yang telah diberikan di Universitas IBA kepada mahasiswa peserta Kerja Praktek, diantaranya : Termodinamika, Elemen Mesin, Perawatan Mesin, Perpindahan Panas, Mekanika Fluida, Kinematika - Dinamika, Gambar Mesin, dan sebagainya

1.4     Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Tempat               : PT. PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI)
Alamat               : Jl. Mayor Zen – Kalidoni – Palembang
No. Tlp              : (0711)712222
Waktu               : Semester VI bulan 15 April – 15 Mei 2018  (waktu dapat  berubah sesuai                                            dengan kesepakatan yang dibuat oleh  perusahaan)

1.5   Peserta
          Peserta adalah mahasiswa Universitas IBA Palembang dengan data sebagai berikut :
            Nama              : Suyanto
Npm                : 15320021
TTL                 : Dabuk Makmur 12 Januari 1997
Jurusan            : S-1 Teknik Mesin
No.Tlp             :------
Email               : yantoanshter@gmail.com

 1.6     Tabel Rencana Kegiatan
     Adapun rencana kegiatan kerja praktek ditampilkan pada tabel

No
      Minggu Ke

Kegiatan

1

2

3

4
1
Pengenalan




2
Studi Literatur




3
Praktek Lapangan




4
Penyusunan Laporan













Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

No comments

Copyright © 2015. study teknik mesin ( materi kuliah ) - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger